ISP Turki Blokir Layanan Google

ANKARA - Penyedia jasa internet (ISP) di Turki dilaporkan telah memblokir sejumlah layanan milik Google seperti Gmail, Google Analytics dan Google Docs. kabar tersebut bermunculan di blog dan Twitter.

Mashable, Sabtu (5/6/2010) melansir, pemblokiran tersebut masih terkait dengan kasus fan page Facebook 'Everybody Draw Mohhamad' beberapa waktu lalu. Negara-negara lain seperti Bangladesh dan Pakistan yang telah memblokir ratusan situs akibat kekecewaan terhadap kasus fan page tersebut.

Saat ini, Turki telah memblokir sejumlah situs seperti YouTube dan Last.FM. Jika terbukti Turki memblokir layanan Google maka diperkirakan akan banyak pengguna internet dan perusahaan yang bakal kecewa atas kebijakkan tersebut.

Pakistan sebelumnya telah memblokir YouTube, dan memperketat akses ke Wikipedia, dan juga memblokir 800 halaman situs dan URL yang dianggap berisi konten penghinaan.

Langkah ini dianggap sebagai bentuk protes terhadap dunia internet karena membiarkan konten penghinaan terhadap agama tertentu.