Alamat Web Berbahasa Arab Resmi Tampil

DUBAI - Setelah ditunggu beberapa lama, akhirnya warga Arab dapat menikmati sajian internet, tidak hanya menggunakan konten berbahasa Arab tapi juga alamat web berbahasa Arab.

Sebagai awal kebahagiaan tersebut, sebuah situs resmi yang didedikasikan untuk petinggi Uni Arab Emirat (UAE) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan diluncurkan. Situs ini dikembangkan oleh Wakil Perdana Menteri dan Menteri Urusan Kepresidenan Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahya.

Situs tersebut dapat diakses dengan menggunakan karakter Arab pada URL-nya, dengan tulisan 'khalifa.emarat'.

Dalam pengembangannya, situs ini bekerja sama dengan Telecommunication Regulatory Authority (TRA) UAE dan Kementerian Urusan Kepresidenan UAE, seiring dengan telah diperbolehkannya keterbukaan karakter penulisan di internet, selain karakter non-latin.

"Domain berbahasa Arab ini merupakan bentuk refleksi kebanggaan kami akan huruf-huruf Arab berikut budayanya," ujar pihak Kementerian Urusan Kepresidenan UAE, seperti dikutip melalui ITP Net, Selasa (25/5/2010).

Namun Arab bukan negara pertama yang telah menggunakan karakter huruf ini. Awal bulan ini Mesir telah berhasil meluncurkan situs pertama dengan karakter huruf Arab.

Pengguna internet kini dapat mendaftarkan situs mereka dengan karakter dan domain arab, yaitu Al-Saudia di Saudi Arabia, Misr di Mesir, dan Emarat di UAE.