Search

Kamis, 10 Desember 2009

TIK - 1

Perangkat Keras I/O

Secara umum, terdapat beberapa jenis seperti device penyimpanan (disk, tape), transmission device (network card, modem), dan human-interface device (screen, keyboard, mouse). Device tersebut dikendalikan oleh instruksi I/O. Alamat-alamat yang dimiliki oleh device akan digunakan oleh direct I/O instruction dan memory-mapped I/O.

Beberapa konsep yang umum digunakan ialah port, bus (daisy chain/ shared direct access), dan controller (host adapter). Port adalah koneksi yang digunakan oleh device untuk berkomunikasi dengan mesin. Bus adalah koneksi yang menghubungkan beberapa device menggunakan kabel-kabel. Controller adalah alat-alat elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.

Langkah yang ditentukan untuk device adalah command-ready, busy, dan error. Host mengeset command-ready ketika perintah telah siap untuk dieksekusi oleh controller. Controller mengeset busy ketika sedang mengerjakan sesuatu, dan men clear busy ketika telah siap untuk menerima perintah selanjutnya. Error diset ketika terjadi kesalahan.

Struktur komputer


Struktur sebuah sistem komputer dapat dibagi menjadi

Komponen Utama SO Komputer

Struktur I/O

Struktur DMA

Struktur Penyimpanan

Interupsi

Proteksi Perangkat Keras

Proteksi I/O

Proteksi Memori

Komponen Utama Sistem Operasi

Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.

Kernel di OS Windows

Pada sistem operasi Windows, kernel ditangani oleh file kernel32.dll. Kernel ini menangani manajemen memori, operasi masukan / keluaran dan interrupt.

File System merupakan metode penyimpanan dan pengorganisasian file atau media penyimpanan komputer dalam mengatur lokasi file tersebut.

Kita mengenal ada beberapa media penyimpan, seperti : disket, CD-ROM, hard disk, flash disk. Setiap media penyimpan memiliki kapasitas tertentu agar dapat dibaca oleh sistem operasi yang kita pilih. ).

File system di OS Windows

FAT(File Allocation Table) atau FAT16 digunakan pada MS DOS dan Win3x. hanya mampu menyimpan dan membaca file dengan kapasitas 2 Gigabyte(1 Gigabyte= 1024 Megabyte). Jumlah file yang mampu dibaca pada root directory: 512 file, sedangkan pada nondirektori sebesar 65.335, tidak mendukung long file names(hanya format 8.3) dan file security,

VFAT(Virtual File Allocation Table) digunakan pada Win95, mampu menyimpan dan membaca file dengan kapasitas 4 gigabyte. Jumlah file yang mampu dibaca pada root directory: 512 file, sedangkan pada nondirektori tak terbatas, mendukung long file names dan belum memiliki file security,

FAT32 digunakan pada Win98, mampu menyimpan dan membaca file dengan kapasitas 4 Terabyte(1 Terabyte= 1024 Gigabyte). Jumlah file yang mampu dibaca pada root directory dan nondirektori tak terbatas, untuk fasilitas long file names dan files security sama dengan VFAT, memiliki keunggulan perbaikan otomatis file.

NTFS(New Technology File System) digunakan pada Win2000, XP, dan Vista, mampu menyimpan dan membaca file dengan kapasitas 16 Exabyte (1 Exabyte = 1024 Terabyte). Fasilitas jumlah file yang mampu dibaca pada root direktori dan nondirektori,

WinFS (singkat untuk Windows Future Storage) adalah kode nama untuk penyimpanan data dan berdasarkan sistem manajemen database relasional, dikembangkan oleh Microsoft dan didemokan pertama kali pada tahun 2003 sebagai lanjutan penyimpanan subsistem untuk sistem operasi Microsoft Windows.

struktur I/O

Ada dua macam tindakan jika ada operasi I/O . Kedua macam tindakan itu adalah:

Setelah proses I/O dimulai, kendali akan kembali ke user program saat proses I/O selesai (Synchronous). Setelah proses I/O dimulai, kendali akan kembali ke user program tanpa menunggu proses I/O selesai (Asynchronous). Sistem operasi memeriksa I/O device untuk mengetahui keadaan device dan mengubah tabel untuk memasukkan.

interrupt. Jika I/O device mengirim/mengambil data ke/dari memory hal ini dikenal dengan nama (Direct Memory Access) DMA.

Struktur DMA Direct Memory Access (DMA) adalah suatu metoda penanganan I/O dimana device controller langsung berhubungan dengan memori tanpa campur tangan CPU.

DMA digunakan untuk perangkat I/O dengan kecepatan tinggi. Seluruh proses DMA dikendalikan oleh sebuah controller bernama DMA Controller (DMAC).

Register Setiap register hanya dapat menyimpan satu kata. Lebar kata adalah sama dengan banyaknya bit pada procesor itu (misalnya, procesor 8-bit memiliki register yang dapat menampung kata selebar 8-bit)

Register dapat dicapai dengan menyebut nama register tersebut:


Beberapa register yang kita kenal, antara lain:

Register yang terlihat pemakai,

Register untuk Kendali dan Status,

Register untuk alamat dan buffer,

Register untuk Eksekusi Instruksi,

Register untuk informasi Status, dll.


Cache Memory

Tempat penyimpanan sementara (volatile) sejumlah kecil data untuk meningkatkan kecepatan pengambilan data atau penyimpanan data di memori oleh prosesor yang berkecepatan tinggi.

Dahulu cache disimpan di luar prosesor dan dapat ditambahkan. Misalnya pipeline burst cache yang biasa ada di komputer awal tahun 90-an. Akan tetapi seiring menurunnya biaya produksi die atau wafer dan untuk meningkatkan kinerja, cache ditanamkan di prosesor.

Memori ini biasanya dibuat berdasarkan desain memori statik. Program komputer harus berada di memori utama (biasanya RAM) untuk dapat dijalankan. Memori utama adalah satu-satunya tempat penyimpanan yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Ukuran memori utama relatif kecil untuk dapat menyimpan data dan program secara keseluruhan.Memori utama bersifat volatile, tidak bisa menyimpan secara permanen, apabila komputer dimatikan maka data yang tersimpan di memori utama akan hilang.

File (Sistem Berkas dan File System)

Shell (User Interface)

* Command Line Interface (Mode Teks)

* Graphical User Interface (Mode Grafis)




0 komentar:

Posting Komentar