Search

Selasa, 29 Desember 2009

New Devide


New Divide lyrics

I remembered black skies, the lightning all around me
I remembered each flash as time began to blur
Like a startling sign that fate had finally found me
And your voice was all I heard that I get what I deserve

So give me reason to prove me wrong, to wash this memory clean
Let the floods cross the distance in your eyes
Give me reason to fill this hole, connect the space between
Let it be enough to reach the truth that lies across this new divide

There was nothing in sight but memories left abandoned
There was nowhere to hide, the ashes fell like snow
And the ground caved in between where we were standing
And your voice was all I heard that I get what I deserve

So give me reason to prove me wrong, to wash this memory clean
Let the floods cross the distance in your eyes across this new divide

In every loss, in every lie, in every truth that you'd deny
And each regret and each goodbye was a mistake too great to hide
And your voice was all I heard that I get what I deserve

So give me reason to prove me wrong, to wash this memory clean
Let the floods cross the distance in your eyes
Give me reason to fill this hole, connect the space between
Let it be enough to reach the truth that lies across this new divide
Across this new divide, across this n
ew divide

Jumat, 25 Desember 2009

Ne Pee Wee Gaskins

oligopoli 5

OLIGOPOLI

PERKENALAN
Dalam topik ini dipelajari bentuk pasar oligopoli. Anda akan mempejari bahwa sedikitnya perusahaan-perusahaan dalam suatu pasar menghasilkan keadaan saling tergantung yang menguntungkan. Ketakutan akan perang harga dibuktikan dengan bantuan kurva permintaan yang bengkok. Bentuk-bentuk pasar kolusif dan non kolusif dianalisa. Pengaruh ekonomi dari bentuk pasar oligopoli ditunjukkan.

KARAKTERISTIK OLIGOPOLI
Bentuk pasar oligopoli dikarakterisasikan berdasarkan
- sejumlah besar perusahaan-perusahaan dominan, dengan beberapa yang kecil lainnya,
- suatu produk yang distandarisasikan maupun dibedakan,
- kekuatan dari perusahaan-perusahaan dominan terhadap harga, namun ketakutan akan pembalasan,
- hambatan-hambatan secara teknologi dan ekonomi untuk menjadi suatu perusahaan yang dominan,
- penggunaan persaingan non harga yang ekstensif akibat ketakutan akan perang harga.

Seluruh perusahaan “besar” berada dalam bentuk pasar oligopoli. Menjadi suatu perusahaan besar hampir secara otomatis menyatakan langsung bahwa perusahaan tersebut mempunyai maksud-maksud untuk mengendalikan pasarnya.

PEMUSATAN OLIGOPOLI
Suatu bentuk pasar oligopoli dikarakterisasikan berdasarkan kehadiran beberapa perusahaan yang dominan. Disana mungkin terdapat sejumlah besar perusahaan-perusahaan kecil, tetapi hanya perusahaan besar yang memiliki kekuatan untuk membalas. Ini berakibat dalam suatu pemusatan industri tinggi dimana hanya 2 sampai 10 perusahaan dengan pangsa pasar yang besar.

Industri bensin merupakan oligopoli di Amerika Serikat: dia didominasi oleh beberapa perusahaan raksasa seperti Exxon, Mobil, Chevron dan
Texaco. Akan tetapi, harap dicatat bahwa banyak perusahaan kecil yang berada dalam pasar tersebut: pompa-pompa bensin independen kecil yang hanya berjualan dalam satu kota atau hanya dalam suatu wilayah terbatas.

PENYEBAB-PENYEBAB PEMUSATAN OLIGOPOLI
Penyebab-penyebab yang paling dikenal untuk pemusatan yang tinggi dalam pasar-pasar bentuk oligopoli adalah

- skala ekonomis yang ada dalam produksi barang-barang tertentu,
- siklus-siklus bisnis yang menyingkirkan pesaing-pesaing lemah,
- keuntungan dari perusahaan-perusahaan yang bergabung, dan
- hambatan-hambatan lainnya seperti perkembangan teknologi dan periklanan.

Sejarah pabrik otomobil A.S.menunjukkan suatu proses yang berkesinambungan terhadap peningkatan pemusatan pasar dalam tangan 3 besar: G.M., Ford dan Chrysler. Tidak berapa lama dahulu, Chrysler memperoleh American Motors yang lemah. Dalam permulaan abad ini, suatu babak baru pemusatan sekarang mengambil tempat atas skala global dimana Daimler memperoleh Chrysler, Renault memperoleh Honda dan GM mencoba untuk mendapatkan Daewoo. Volume produksi yang diperlukan untuk menjadi menguntungkan (100,000 kendaraan) adalah hambatan utama bagi perusahaan baru manapun untuk memulai memproduksi mobil.

PERMINTAAN OLIGOPOLI YANG BENGKOK
Permintaan suatu perusahaan dalam oligopoli terdiri atas dua bagian dari dua kurva permintaan yang terpisah. Bagian yang paling atas sangat elastis karena jika perusahaan menaikkan harganya, maka perusahaan lain tidak akan mengikuti, sehingga perusahaan tersebut akan kehilangan pangsa pasarnya. Bagian yang paling bawah adalah inelastis karena jika perusahaan menurunkan harganya, maka perusahaan lainnya akan mengikuti, dan tidak ada satu perusahaan pun yang dapat memperluas pangsa pasarnya.

Grafik G-MIC7.1

Beberapa pompa bensin sering ditemukan berdekatan satu sama lain di persimpangan-persimpangan jalan raya. Mereka juga sering mempunyai harga yang sama atau mirip. Apabila satu pompa bensin mencoba untuk menaikkan harga yang umum dari 125.9 menjadi 127.9, maka konsumen akan melewati jalan tersebut sehingga pompa bensin itu akan kehilangan pendapatannya. Jika pompa bensin yang sama menurunkan harganya menjadi 123.9, maka dia akan menarik konsumen-konsumen baru hanya sampai pompa bensin lainnya juga menurunkan harga mereka; kemudian semuanya akan kehilangan pendapatan.

STABILITAS HARGA OLIGOPOLI
Pelajaran dari permintaan yang bengkok adalah bahwa strategi penaikkan harga akan menyebabkan perusahaan kehilangan pendapatannya, tetapi juga akan menurunkan harga. Dengan demikian perusahaan cenderung tidak akan merubah harga. Lebih lanjut lagi, sebagai hasil dari kurva permintaan yang bengkok, pendapatan marjinal mempunyai suatu kerenggangan atau keretakan, dan kurva biaya marjinal apapun akan menuju pada kuantitas optimal yang sama. Jadi harga yang sama adalah optimum untuk banyak struktur biaya yang berbeda.

KOLUSI
Seluruh perusahaan mendapatkan keuntungan dengan cara menghindari perang harga dan mencoba setuju terhadap harga-harga yang lebih tinggi serta volume penjualan yang diproteksi. Perjanjian-perjanjian ini secara umum adalah ilegal. Dengan demikian, perjanjian rahasia dicoba: hal ini merupakan kolusi.

Seluruh perusahaan cenderung untuk saling menjaga, seperti dalam kasus pompa-pompa bensin. Bagaimanapun tindakan-tindakan mereka adalah independen. Kolusi akan timbul jika seluruh pompa bensin memutuskan secara serempak untuk menaikkan harga-harga mereka guna meningkatkan pendapatan mereka. Tindakan yang diselenggarakan dengan persetujuan bersama dan dengan sengaja itu merupakan bentuk kolusi yang dilarang.

LABA OLIGOPOLI
Laba dari perusahaan-perusahaan dalam oligopoli ditentukan persis dalam cara yang sama dengan bentuk-bentuk pasar lainnya: dari kuantitas optimum dimana pendapatan marjinal sama dengan biaya marjinal, harga ditentukan dari kurva permintaan serta biaya unit terhadap rata-rata kurva total biaya. Bagaimanapun juga, penentuan ini mungkin dipengaruhi oleh kurva permintaan yang bengkok. Lebih lanjut lagi, dalam suatu oligopoli yang kolusif, seluruh perusahaan bertindak seakan-akan mereka membuat satu monopoli dan keluarannya dibagi diantara perusahaan-perusahaan.

OPEC bertindak sebagai monopoli dengan cara membatasi keluaran (output) anggota-anggotanya dengan kuota. Setiap anggota berbagi laba atas monopoli yang akan jadi tersebut, namun tidak menetapkan harga dan keluaran secara independen.

KARTEL
Kartel adalah suatu perjanjian resmi diantara beberapa perusahaan dalam oligopoli. Perjanjian tersebut menetapkan harga yang akan dibebankan seluruh perusahaan dan sering menetapkan kuota atau pangsa pasar dari berbagai perusahaan. Kartel adalah ilegal di sebagian besar negara-negara dunia. OPEC adalah contoh utama dari kartel. Dia timbul karena dia berada diluar pengendalian suatu negara individual.

OPEC tentu saja adalah bentuk dasar dari suatu kartel yang sukses. Keluaran kuota dari masing-masing anggotanya menghasilkan harga menggemparkan yang meningkat (dari $1.10 menjadi $11.50 per barel pada awal tahun 1970-an, dan sampai $34.00 pada akhir tahun 1970-an: suatu kenaikan 3400% dalam sepuluh tahun). Kesulitan-kesulitan OPEC sekarang juga dikarakterisasi dari kartel-kartel: produsen-produsen baru, kesukaran untuk menjalankan kuota dan mempertahankan harga.

KEMACETAN KARTEL
Kartel dan bentuk-bentuk kolusi lainnya cenderung untuk macet karena

- keadaan yang mendorong setiap perusahaan untuk menjual lebih murah,
- perusahaan-perusahaan mungkin mempunyai struktur-struktur biaya berbeda yang menyebabkan kesukaran untuk beberapa perusahaan,
- resesi memberikan ketegangan tambahan terhadap perusahaan-perusahaan,
- perusahaan-perusahaan baru yang memasuki pasar tidak tahan memikul perjanjian,
- ketika banyak perusahaan bergabung, maka disiplin menjadi sukar.

Banyak produsen dari komoditas-komoditas utama mencoba untuk meniru kesuksesan OPEC selama tahun 1970-an. Perjanjian-perjanjian terhadap kuota diberikan misalnya untuk kopi, coklat, timah dan tembaga. Dalam waktu beberapa tahun kuota-kuota tersebut tidak dipatuhi dan kartel menjadi macet.

KEADAAN SALING MENGUNTUNGKAN OLIGOPOLI
Keadaan saling menguntungkan dari perusahaan-perusahaan dalam oligopoli ditunjukkan dalam kebutuhan untuk mempertahankan stabilitas harga yang ditunjukkan dalam permintaan yang bengkok. Hal tersebut bisa memimpin perusahaan-perusahaan untuk mengikuti strategi-strategi yang tidak membuat kolusi pada keseluruhannya tetapi memproduksi hasil yang sama. Strategi-strategi ini termasuk

- kepemimpinan harga dimana satu perusahaan - biasanya, perusahaan yang dominan atau yang paling dinamik - adalah yang pertama untuk mengubah harganya dan seluruh perusahaan mengikuti, dan
- biaya ditambah pemberian harga dimana harga-harga diluruskan sebab seluruh perusahaan memiliki laba atau marjin kenaikan harga yang sama terhadap biaya-biaya yang serupa.

Kurs utama (yaitu tingkat suku bunga yang dibebankan bank-bank komersil terhadap konsumen-konsumen terbaik mereka) biasaya sangat mirip diantara bank-bank besar. Perubahan-perubahan utama juga mengambil tempat dalam jangka waktu yang sangat pendek (kurang dari satu hari), dengan inisiatif dari salah satu bank. Hal tersebut telah ditentukan bahwa tidak ada kolusi keseluruhan yang muncul dalam perubahan-perubahan yang serempak, namun kadar yang tinggi dari keadaan saling tergantung.

TINDAKAN NON HARGA OLIGOPOLI
Pengembangan produk dan iklan keduanya secara ekstensif digunakan dalam bentuk pasar oligopoli karena ketakutan akan perang harga. Lebih lanjut lagi, strategi-strategi ini adalah penting untuk mempertahankan posisi-posisi dominan dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Pabrik-pabrik mobil menggunakan pengembangan produk dan iklan yang ekstensif. Perusahaan-perusahaan minyak (Exxon, Mobil, Chevron) juga berada dalam bentuk pasar oligopoli dan beriklan secara ekstensif. Mereka mengiklankan nama mereka lebih banyak daripada produk-produk mereka sendiri karena produk mereka adalah sama dengan yang dimiliki oleh para pesaing.

PENGARUH EKONOMI OLIGOPOLI
Bentuk pasar oligopoli merugikan masyakat dalam perbandingannya dengan persaingan sempurna karena kerugian efisiensi produktif dan alokatif. Sebagai tambahan, pengaruh yang tidak diinginkan bahkan bisa menjadi lebih buruk daripada monopoli karena pengawasan tidak memungkinkan, skala ekonomis yang lebih sedikit ditunjukkan serta lebih banyak tindakan-tindakan non harga sia-sia yang digunakan. Bagaimanapun juga, beberapa pengaruh yang bermanfaat ditentang untuk didapatkan dari kemajuan teknologi dan skala produksi.

Kasus ekstrim dari suatu kartel yang sukses seperti OPEC menunjukkan ancaman yang dibawa oleh bentuk pasar oligopoli untuk mengurangi ketersediaan dari produk yang diperlukan dan kenaikan harga yang banyak. Namun bahkan dalam situasi-situasi non kartel, beberapa harga yang tinggi dapat diamati dalam banyak produk-produk pabrikan.

KEMAJUAN TEKNOLOGI OLIGOPOLI
Bentuk pasar oligopoli dilihat sebagai suatu kerangka yang perlu dimana laba dan persaingan ditunjukkan untuk merangsang kemajuan teknologi dan membuatnya bermanfaat. Bagaimanapun juga, studi-studi menunjukkan bahwa sebagian besar terobosan-terobosan teknologi dihasilkan dari perusahaan-perusahaan kecil daripada perusahaan-perusahaan yang dominan.

Industri komputer didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan, yang paling dikenal adalah IBM. Sementara seluruh perusahaan tergantung berat dengan teknologi baru, sering perusahaan-perusahaan kecil muncul dengan terobosan-terobosan yang paling mutakhir. Supercomputer diproduksi oleh Cray. Generasi baru dari mikrokomputer baru-baru ini diperkenalkan oleh Next.

ini lagu buwad .....e yang qw cinta


SEBENTUK HATI BUAT KEKASIH

Bila kau bukanlah cinta sejati
Mungkin aku takkan pernah mengerti
Hati yang tulus setia yang indah
Dan semua yang terjadi antara kita

Maaf untuk semua cara yang salah
Itu hanya ku ingin membuktikan
Tiada yang lain dalam hidupku
Sungguh tak ada maksud untuk menyakitimu

Reff
Sebentuk hatiku buat kekasihku
Mengiring rinduku yang selalu untuknya
Memang tak selalu ada yang terbaik
Dari diri ini dan juga dirinya
namun ku yakin cinta ini tak kan pernah salah

new Oligopoly

Oligopoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga diantara pelaku usaha yang melakukan praktek oligopoli menjadi tidak ada.

Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi, seperti, industri semen, industri mobil, dan industri kertas.

Dalam Undang-undang No. 5 Tahun 1999, oligopoli dikelompokkan ke dalam kategori perjanjian yang dilarang, padahal umumnya oligopoli terjadi melalui keterkaitan reaksi, khususnya pada barang-barang yang bersifat homogen atau identik dengan kartel, sehingga ketentuan yang mengatur mengenai oligopoli ini sebagiknya digabung dengan ketentuan yang mengatur mengenai kartel




Struktur Pasar Oligopoli

Batasan tentang struktur pasar oligopoli sering dikaitkan dengan jumlah produsen yang sedikit, tetapi seperti telah diuraikan pengertian sedikit itu sangatlah relatif. Dapat saja terjadi jumlah produsen (bisa juga pedagang) ratusan, tetapi strukturnya tetap merupakan oligopoli. Pengertian ini lebih relevan kalau yang dimaksudkan adalah pasar dikuasai oleh sedikit produsen atau sedikit penjual. Nah, dalam pengertian sedikit ini masih terjadi variasi, ada yang mengatakan 4 perusahaan, ada yang mengatakan 8 perusahaan, tetapi ada juga penguasaan sebagian besar oleh 20 perusahaan. Lazimnya sekitar empat dan delapan perusahaan yang menguasai pasar.

Jenis-jenis oligopoli juga tidaklah sesederhana yang dipelajari dalam teori-teori ekonomi mikro. Tetapi secara garis besar dapat dibagi 2, yakni kolusif dan tidak kolusif kalau dilihat dari perilakunya, dan dilihat dari penguasaan pasar dapat juga dibagi dua, yakni oligopoli penuh dan parsial. Jenis-jenis oligopoli ini berkaitan pula dengan perilakunya yang akan diuraikan pada bagian kedua. Namun demikian, pengukuran yang agak realistik adalah pengukuran yang digunakan oleh J.S. Bain. Dalam pengukuran ini terlihat adanya derajat struktur oligopoli.

Tingkat konsentrasi industri dapat juga diukur dengan menggunakan kurva Lorenz, demikian juga jika ingin melihat kesenjangan dalam andil perusahaan dalam industri dapat pula diukur dengan menggunakan angka Gini. Kesejahteraan ini dapat diukur dalam besaran produksi, nilai tambah, tenaga kerja dan modal atau asset yang dimiliki perusahaan. Tingkat kesenjangan mungkin relatif rendah pada industri oligopoli penuh, pada hal industri ini mempunyai tingkat konsentrasi yang relatif tinggi. Sebaliknya, industri oligopoli parsial relatif akan lebih senjang, sedangkan konsentrasinya relatif rendah. Dalam industri oligopoli penuh tidak ditemukan perusahaan berskala kecil, sedangkan pada oligopoli parsial, sering atau banyak ditemukan perusahaan yang berskala kecil. Beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan konsentrasi, antara lain adalah faktor efisiensi, skala ekonomi, kebijaksanaan pemerintah, sifat produk, merger dan kemajuan teknologi. Semua faktor ini dapat berkombinasi atau berdiri sendiri-sendiri.


Perilaku Oligopoli

Perilaku oligopoli tidak dapat digambarkan secara menyeluruh dan umum, tetapi merupakan teori-teori khusus yang menggambarkan perilaku untuk mencapai tujuannya (kinerja industri). Kesulitan pertama karena adanya indeterminate, yakni tidak ada titik keseimbangan yang deterministik. Beberapa teori yang diuraikan tadi adalah sekadar ilustrasi bagaimana berbagai teori itu disusun dan dirumuskan dengan asumsi-asumsinya masing-masing. Setiap pengritik, akan melihat bahwa kelemahan-kelemahan teori itu terletak pada asumsi-asumsinya. Para ahli organisasi industri bertolak dari struktur telah mencoba melakukan kajian tentang perilaku industri oligopoli yang kolusif, yakni model pimpinan harga. Hal ini pun masih dibagi lagi atas tiga tipe, yakni tipe yang mempunyai biaya rendah, perusahaan yang dominan, dan barometrik. Teori ini menganggap bahwa perusahaan yang berskala besar mengetahui seluruh biaya perusahaan dan permintaan pasar. Semakin rendah tingkat harga semakin besar bagian kebutuhan pasar yang dapat dipasok oleh perusahaan yang berskala besar.

Selanjutnya, Bain telah menyusun teori harga-batas, yakni suatu industri akan melakukan rintangan masuk melalui permainan tingkat harga. Jika harga diturunkan, produksi meningkat dan pendatang baru akan tidak jadi masuk industri, tetapi pada suatu waktu industri ini dapat mengurangi produksi dan memperoleh laba abnormal dan hail ini menarik untuk entry. Kalau akan ada entry, mereka gunakan entry-gap. Teori-teori marjinal mendapat kritik, terutama dari Hall dan Hitch. Atas penelitian yang dilakukannya maka perusahaan tidak menggunakan analisis biaya marjinal dan hasil marjinal, tetapi menentukan biaya rata-rata. Dengan biaya rata-rata ini berkembang pula teori mark-up, yakni biaya variabel rata-rata ditambah dengan persentase tertentu untuk keuntungan. Keuntungan ini dapat bersifat bruto maupun neto.

Teori biaya rata-rata disebut juga full-cost price. Sylos-Labini menyusun teori perilaku oligopoli yang juga kolusif dengan asumsi utama teknologi produksi tidak bersambung. Oleh karena itu, skala perusahaan terbagi atas skala kecil, sedang dan besar. Sylos juga menggunakan. entry-gap dari Bain, tetapi dengan menentukan, pada jumlah produksi. Dalam model ini harga ditentukan oleh perusahaan yang berskala besar dan mempunyai biaya rata-rata terendah. Harga ini dapat diterima oleh semua perusahaan, dalam industri, oleh karena diandaikan, perusahaan besar tadi mengetahui seluruh struktur yang biaya yang terjadi dalam industri dan mengetahui pula permintaan pasar. Entry dapat terjadi dengan bebas bagi perusahaan yang berskala kecil. Sebenarnya, tingkat harga masih dapat lebih rendah daripada harga minimum yang dapat diterima bersama, tetapi kalau lebih rendah dari itu, hanya perusahaan yang besar dan sedang saja yang dapat beroperasi, sedangkan yang berskala kecil akan keluar (exit). Perusahaan-perusahaan yang besar ini kuatir juga kalau yang kecil-kecil exit, oleh karena pemerintah tetap melindunginya.



PASAR OLIGOPOLI

Konsep Pasar Oligopoli

Pasar semen di Indonesia dapat digolongkan ke dalam pasar oligopoli, hal ini dikarenakan produksi semen di Indonesia hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan saja, diantaranya adalah Semen Cibinong, Indocement, Holcim, Semen Padang dan Semen Gresik

Apabila kita membedakan pasar berdasarkan strukturnya, maka pasar dapat dikelompokan menjadi 2 macam, yaitu :

a. Pasar persaingan sempurna

b. Pasar Persaingan tidak sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna kemudian dikelompokkan lagi menjadi beberapa macam, salah satu diantaranya adalah pasar oligopoli. Pasar oligopoli merupakan suatu bentuk pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa penjual atau perusahaan.

Untuk dapat membedakan pasar oligopoli dengan pasar lainnya, kita dapat melihatnya berdasarkan ciri-ciri berikut :

  1. Terdapat banyak pembeli di pasar

  2. Hanya terdapat beberapa penjual dalam pasar

  3. Produk yang dijual bisa bersifat identik, namun bisa pula berbeda dengan kualitas standar yang telah ditentukan

  4. Adanya hambatan untuk memasuki pasar bagi pesaing baru

  5. Adanya saling ketergantungan antar perusahaan (produsen)

  6. Penggunaan iklan sangat intensif

Di Indonesia pasar oligopoli dapat dengan mudah kita jumpai, misalnya pada pasar semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif serta pasar yang bergerak dalam industri berat.



PASAR OLIGOPOLI

Jenis-jenis pasar Oligopoli

Berdasarkan produk yang diperdagangkan, pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Pasar oligopoli murni (pure oligopoly)
    Ini merupakan praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik, misalnya praktek oligopoli pada produk air mineral dalam kemasan atau semen.

  2. Pasar oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly)
    Pasar ini merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan, misalnya pasar sepeda motor di Indonesia yang dikuasai oleh beberapa merek terkenal seperti Honda, Yamaha dan Suzuki

Produk-produk air mineral dalam kemasan merupakan salah satu contoh bentuk praktek pasar oligopoli murni, sebab produk yang ditawarkan merupakan barang yang bersifat identik.


PASAR OLIGOPOLI

Kebijakan mangatur oligopoli

Pada prakteknya, pasar oligopoli memiliki kebaikan sebagai berikut :

  1. Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi

  2. Persaingan di antara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga dan kualitas barang.

Selain menawarkan keuntungan, pasar oligopoli juga memiliki kelemahan, yaitu :

  1. Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar, karena adanya skala ekonomis yang telah diciptakan perusahaan sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam pasar.

  2. Apabila terdapat perusahaan yang memiliki hak paten atas sebuah produk, maka tidak memungkinkan bagi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis.

  3. Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain untuk menyainginya

  4. Adanya hambatan jangka panjang seperti pemberian hak waralaba oleh pemerintah sehingga perusahaan lain tidak bisa memasuki pasar

  5. Adanya kemungkinan terjadinya kolusi antara perusahaan di pasar yang dapat membentukmonopoli atau kartel yang merugikan masyarakat

    Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi.

Guna menghindari dampak buruk yang mungkin ditimbulkan oleh pasar oligopoli, maka pemerintah dapat membuat kebijakan sebagai berikut :

  1. Memberikan aturan kemudahan bagi perusahaan baru untuk masuk ke dalam pasar dan ikut menciptakan persaingan, seperti masuknya Petronas dan Shell

  2. Memberlakukan undang-undang anti kerjasama antar produsen, yaitu dengan diberlakukannya UU anti monopoli No. 5 Tahun 1999

Untuk mengawasi persaingan usaha di Indonesia, pemerintah telah membentuk satu badan independen yaitu Komisi Pengawas Persaingan Usaha yang disingkat dengan KPPU. Dengan adanya KPPU diharapkan dampak negatif dari oligopoli dapat dihindari.

Masuknya Petronas dan Shell membuat praktek monopoli penjualan BBM di Indonesia berakhir. Pertamina kini memiliki pesaing, untuk mempertahankan pasarnya Pertamina harus dapat meningkatkan daya saing dengan melakukan inovasi, efiensi dan efektivitas dalam kegiatan usahanya.

Kamis, 10 Desember 2009

TIK - 1

Perangkat Keras I/O

Secara umum, terdapat beberapa jenis seperti device penyimpanan (disk, tape), transmission device (network card, modem), dan human-interface device (screen, keyboard, mouse). Device tersebut dikendalikan oleh instruksi I/O. Alamat-alamat yang dimiliki oleh device akan digunakan oleh direct I/O instruction dan memory-mapped I/O.

Beberapa konsep yang umum digunakan ialah port, bus (daisy chain/ shared direct access), dan controller (host adapter). Port adalah koneksi yang digunakan oleh device untuk berkomunikasi dengan mesin. Bus adalah koneksi yang menghubungkan beberapa device menggunakan kabel-kabel. Controller adalah alat-alat elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.

Langkah yang ditentukan untuk device adalah command-ready, busy, dan error. Host mengeset command-ready ketika perintah telah siap untuk dieksekusi oleh controller. Controller mengeset busy ketika sedang mengerjakan sesuatu, dan men clear busy ketika telah siap untuk menerima perintah selanjutnya. Error diset ketika terjadi kesalahan.

Struktur komputer


Struktur sebuah sistem komputer dapat dibagi menjadi

Komponen Utama SO Komputer

Struktur I/O

Struktur DMA

Struktur Penyimpanan

Interupsi

Proteksi Perangkat Keras

Proteksi I/O

Proteksi Memori

Komponen Utama Sistem Operasi

Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.

Kernel di OS Windows

Pada sistem operasi Windows, kernel ditangani oleh file kernel32.dll. Kernel ini menangani manajemen memori, operasi masukan / keluaran dan interrupt.

File System merupakan metode penyimpanan dan pengorganisasian file atau media penyimpanan komputer dalam mengatur lokasi file tersebut.

Kita mengenal ada beberapa media penyimpan, seperti : disket, CD-ROM, hard disk, flash disk. Setiap media penyimpan memiliki kapasitas tertentu agar dapat dibaca oleh sistem operasi yang kita pilih. ).

File system di OS Windows

FAT(File Allocation Table) atau FAT16 digunakan pada MS DOS dan Win3x. hanya mampu menyimpan dan membaca file dengan kapasitas 2 Gigabyte(1 Gigabyte= 1024 Megabyte). Jumlah file yang mampu dibaca pada root directory: 512 file, sedangkan pada nondirektori sebesar 65.335, tidak mendukung long file names(hanya format 8.3) dan file security,

VFAT(Virtual File Allocation Table) digunakan pada Win95, mampu menyimpan dan membaca file dengan kapasitas 4 gigabyte. Jumlah file yang mampu dibaca pada root directory: 512 file, sedangkan pada nondirektori tak terbatas, mendukung long file names dan belum memiliki file security,

FAT32 digunakan pada Win98, mampu menyimpan dan membaca file dengan kapasitas 4 Terabyte(1 Terabyte= 1024 Gigabyte). Jumlah file yang mampu dibaca pada root directory dan nondirektori tak terbatas, untuk fasilitas long file names dan files security sama dengan VFAT, memiliki keunggulan perbaikan otomatis file.

NTFS(New Technology File System) digunakan pada Win2000, XP, dan Vista, mampu menyimpan dan membaca file dengan kapasitas 16 Exabyte (1 Exabyte = 1024 Terabyte). Fasilitas jumlah file yang mampu dibaca pada root direktori dan nondirektori,

WinFS (singkat untuk Windows Future Storage) adalah kode nama untuk penyimpanan data dan berdasarkan sistem manajemen database relasional, dikembangkan oleh Microsoft dan didemokan pertama kali pada tahun 2003 sebagai lanjutan penyimpanan subsistem untuk sistem operasi Microsoft Windows.

struktur I/O

Ada dua macam tindakan jika ada operasi I/O . Kedua macam tindakan itu adalah:

Setelah proses I/O dimulai, kendali akan kembali ke user program saat proses I/O selesai (Synchronous). Setelah proses I/O dimulai, kendali akan kembali ke user program tanpa menunggu proses I/O selesai (Asynchronous). Sistem operasi memeriksa I/O device untuk mengetahui keadaan device dan mengubah tabel untuk memasukkan.

interrupt. Jika I/O device mengirim/mengambil data ke/dari memory hal ini dikenal dengan nama (Direct Memory Access) DMA.

Struktur DMA Direct Memory Access (DMA) adalah suatu metoda penanganan I/O dimana device controller langsung berhubungan dengan memori tanpa campur tangan CPU.

DMA digunakan untuk perangkat I/O dengan kecepatan tinggi. Seluruh proses DMA dikendalikan oleh sebuah controller bernama DMA Controller (DMAC).

Register Setiap register hanya dapat menyimpan satu kata. Lebar kata adalah sama dengan banyaknya bit pada procesor itu (misalnya, procesor 8-bit memiliki register yang dapat menampung kata selebar 8-bit)

Register dapat dicapai dengan menyebut nama register tersebut:


Beberapa register yang kita kenal, antara lain:

Register yang terlihat pemakai,

Register untuk Kendali dan Status,

Register untuk alamat dan buffer,

Register untuk Eksekusi Instruksi,

Register untuk informasi Status, dll.


Cache Memory

Tempat penyimpanan sementara (volatile) sejumlah kecil data untuk meningkatkan kecepatan pengambilan data atau penyimpanan data di memori oleh prosesor yang berkecepatan tinggi.

Dahulu cache disimpan di luar prosesor dan dapat ditambahkan. Misalnya pipeline burst cache yang biasa ada di komputer awal tahun 90-an. Akan tetapi seiring menurunnya biaya produksi die atau wafer dan untuk meningkatkan kinerja, cache ditanamkan di prosesor.

Memori ini biasanya dibuat berdasarkan desain memori statik. Program komputer harus berada di memori utama (biasanya RAM) untuk dapat dijalankan. Memori utama adalah satu-satunya tempat penyimpanan yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Ukuran memori utama relatif kecil untuk dapat menyimpan data dan program secara keseluruhan.Memori utama bersifat volatile, tidak bisa menyimpan secara permanen, apabila komputer dimatikan maka data yang tersimpan di memori utama akan hilang.

File (Sistem Berkas dan File System)

Shell (User Interface)

* Command Line Interface (Mode Teks)

* Graphical User Interface (Mode Grafis)